Recipe: Appetizing Sayur pecel

Sayur pecel. Segarnya sayur rebus, namun tak overcooked, berpadu dengan saus kacang creamy yang bercita rasa pas antara gurih, pedas, dan manis. Pecel sayur, salah satu makanan terfavorit Indonesia. Dengan bumbu kacang, kuliner ini begitu menggugah selera.

Sayur pecel Pecel menjadi makanan yang terkenal di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pecel Sayur, menu yang mudah dijumpai di sepanjang pulau Jawa khususnya Jawa Timur. Nasi pecel disajikan dalam pincuk yaitu wadah untuk makan yang terbuat dari daun pisang juga. You can have Sayur pecel using 20 ingredients and 7 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Sayur pecel

  1. Prepare 300 gr of kacang.
  2. It's of Minyak utk menggoreng.
  3. You need of Bahan bumbu 1 :.
  4. You need 7 siung of bwg merah pot2.
  5. Prepare 6 siung of bwg putih pot2.
  6. You need 6 buah of lombok besar pot2.
  7. Prepare of Cabe rawit (saya : skip).
  8. You need 3 ruas of kencur.
  9. Prepare 7 lembar of daun jeruk buang tulang nya.
  10. It's 15 sdm of minyak utk menumis.
  11. You need of Bahan 2 :.
  12. You need 6 sdm of air asam jawa.
  13. It's 1 sdt of terasi matang (yang sudah di goreng).
  14. Prepare 7-8 sdm of gula aren.
  15. Prepare 1 1/2 sdt of garam.
  16. Prepare of Bahan ke 3 :.
  17. Prepare Seikat of kecil sayur kacang panjang.
  18. Prepare 1 buah of mentimun uk kecil potong2 dadu.
  19. Prepare Secukupnya of tauge.
  20. Prepare Seikat of kecil kemangi siangi.

Pecel atau pecal (Hanacaraka: ꦥꦼꦕꦼꦭ꧀) merupakan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pecel sayur sebaiknya dimakan segera atau dalam keadaan segar. Namun untuk bumbu kacangnya, bisa bertahan cukup lama atau seharian.

Sayur pecel step by step

  1. Goreng kacang dengan minyak panas sampai matang merata.sisihkan tunggu dingin blender hingga tingkat kehalusan yang diinginkan..
  2. Tumis bahan bumbu 1 sampai harum dan layu.kalau sudah matang sisihkan tunggu dingin..
  3. Bumbu yang ditumis tadi di blender dengan bahan ke 2 (air asam,terasi,gula dan garam) koreksi rasa.harus agak asin karena akan di campur dengan kacang gorengnya..
  4. Campurkan bumbu tadi ke dalam kacang yang sudah di blender juga.aduk2 sampai rata..
  5. Biar bumbu dan kacang tercampur merata blender lagi sebentar saja kemudian masukan wadah..
  6. Kukus sayur kacang panjang dan tauge.sebentar saja.Kemudian ambil bumbu pecel secukupnya masukan air hangat sesuai selera kekentalan..
  7. Siram bumbu pecel diatas sayuran.siap dinikmati..

Resep Nasi Pecel enak dan mudah untuk dibuat. Rebus sayuran satu per satu, tiriskan. Haluskan kacang tanah dan cabai merah bersama bumbu hingga rata. Info Cuma Tambah Soda Kue saat Masak Sayur, Lihat Apa yang Akan Terjadi Pada Masakkan! Pecel (Indonesian pronunciation: [pət͡ʃəl]) is a traditional Javanese salad, consisting of mixed vegetables in a peanut sauce dressing, usually served with steamed rice, or lontong or ketupat compressed rice cakes.

Comments