Recipe: Perfect Sayur gedang muda pendamping lontong

Sayur gedang muda pendamping lontong. Resep Sayur gedang muda pendamping lontong. Meskipun sekedar jadi pelengkap, sayur gurih selalu menemani hidangan wajib. Karena dibalur santan, sayur pendamping ini terasa nikmat dan tetap sehat.

Sayur gedang muda pendamping lontong Lontong sayur Jawa adalah makanan yang sering dijumpai, baik di pedagang kaki lima maupun di restoran. Jika kamu rutin sarapan pagi, kamu pasti pernah sarapan dengan menu ini. Teman teman yang bekerja dan tidak mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan makan pagi buat anggota keluarga pasti mengenal betul masakan satu ini. You can have Sayur gedang muda pendamping lontong using 22 ingredients and 10 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Sayur gedang muda pendamping lontong

  1. It's 1 buah of gedang/pepaya muda ukuran kecil.
  2. You need 5 lonjor of kacang panjang.
  3. Prepare 1 papan kecil of tempe.
  4. You need 1/4 of ayam.
  5. You need of Bumbu :.
  6. You need 1 sachet of skm bendere gold,cairkan dengan segelas air.
  7. Prepare 2 of santan kara (1 untuk santan kental,1 untuk santan encer).
  8. Prepare 7 of bawang merah.
  9. Prepare 5 of bawang putih.
  10. It's 1 of tomat besar,1/2 buat di ulek,1/2 di potong kotak.
  11. It's Secukupnya of daun bawang,iris halus.
  12. You need 3 of cabe merah besar,buang biji.
  13. Prepare 1 of sereh,bagi 2.bagian muda untuk d ulek,bagian tua untuk d geprek.
  14. Prepare 3 of salam,agak di robek.
  15. Prepare 1 buah of kunyit.
  16. You need 2 cm of lengkuas.
  17. It's of Jahe sedikit aja..dikit aja.
  18. Prepare 3 of kemiri.
  19. You need of Bahan sambal:.
  20. Prepare 1 of jeruk purut.
  21. It's 3 of bawang putih.
  22. Prepare of Rawit bebas segimana pengen pedes ato banyak ny sambal.

Menghidangkan lontong sayur bukan hanya nikmat dengan sayur pedasnya. Anda juga bisa memberikan lontong sayur sebagai pendamping asi karena lontong sangat lembut sehingga aman di konsumsi anak. Untuk membuat lontong yang sedikit, anda bisa memilih resep lontong sayur berikut ini. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lontong: Masukkan nangka muda yang sudah direbus setengah matang dan kacang panjang.

Sayur gedang muda pendamping lontong step by step

  1. Potong kecil kacang panjang.cuci bersih.sisihkan.
  2. Rebus ayam,suir halus...goreng sebentar..asal aja biar ga bau tangan..biar g cepet basi.
  3. Potong tempe,goreng setengah matang.sisihkan.
  4. Iris gedang/pepaya bentuk korek api tp tipis.lalu remas dengan garam.. cuci bersih sampai busa nya hilang.agar sayur tidak cepat basi.sisihkan.
  5. Iris halus bawang merah, bawang putih,sereh bagian putihnya,kunyit, lengkuas,jahe,tomat, cabe merah. Goreng sampai harum.lalu ulek halus sisihkan lagi.
  6. Didihkan air dengan santan cair..masukkan sayuran (gedang/pepaya,tempe,kacang panjang) masukkan bumbu halus,sambil terus d aduk biar santan ga pecah.jangan lupa masukkan salam&sereh yg d geprek.beri garam,gula,penyedap.
  7. Menjelang sayuran matang,masukkan santan kental (dan skm kalo pake ya).
  8. Kalo udh ada gejala meletup2 🤭 matikan api..masukkan daun bawang&potongan tomat.
  9. Qt buat sambal nya.. rebus rawit& bawang putih..lalu ulek.. boleh d goreng lagi..kalo ga d goreng ckup tambah minyak panas aja..beri garam&gula..lalu beri perasan jeruk purut...
  10. Sajikan sayur di mangkok,beri taburan bawang goreng&irisan daun bawang.sajikan dengan sambal goang juga kerupuk.. lebih nikmat dengan lontong 👍👍👍👌👌👌👌🤗🤗🤗.

Aduk sesekali supaya santan tidak pecah. Bumbui dengan gula merah dan garam halus. Siapkan piring saji, tata lontong dan telur di atasnya. Tinggal ditambah lontong, lauk (olahan ayam/ olahan telur/ olahan daging), kerupuk, sambal, dan bawang goreng, jadilah lontong sayur Padang homemade. Resep Ketupat Sayur Khas Lebaran : Entah dari mana asalnya, yang jelas beberapa hari ini saya begitu ingin menyantap lontong dengan siraman kuah sayuran bersantan yang pedas dan gurih.

Comments