Recipe: Appetizing Sayur kuning jantung pisang

Sayur kuning jantung pisang. Khas Bima) #Jantung pisang kuah kuning #Gulai kuning jantung pisang campur #Sayur jantung pisang dan labu Siam #Sayur jantung pisang praktis. #Sayur bening jantung pisang #Lodeh jantung pisang tempe semangit #Tumis jantung pisang pedas bumbu kuning #Pepes Bumbu. Pisang merupakan salah satu tumbuhan seribu guna. Semua bagian pisang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.

Sayur kuning jantung pisang Sayur ini digemari oleh masyarakat suku bugis. Campuran dari bayam atau bisa juga kelor, labu dan jantung pisang, selain itu bisa optional beberapa sayuran. Sayur lodeh jantung pisang cocok menemani makan malam bersama keluarga tercinta di rumah. You can have Sayur kuning jantung pisang using 13 ingredients and 5 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Sayur kuning jantung pisang

  1. It's 1 buah of jantung pisang.
  2. You need 4 buah of cabe merah besar.
  3. Prepare 5 buah of cabe rawit merah.
  4. Prepare 1 buah of tomat.
  5. Prepare Sejempol of lengkuas.
  6. It's Sejempol of kunyit.
  7. You need Sejempol of jahe.
  8. It's 1 batang of sereh.
  9. You need of Garam secukup'y.
  10. You need of Lada bubuk secukup'y.
  11. Prepare of Penyedap rasa secukup'ya.
  12. Prepare 1 sdm of kecap manis (sesuai selera).
  13. It's of Santan kelapa/kara 1 bungkus saja.

Rasanya yang gurih dan lezat akan Sayur lodeh jantung pisang adalah salah satu hidangan yang sederhana dan murah. Bahan-bahan yang dibutuhkannya praktis dan cara membuatnya mudah. Jantung pisang dan nangka muda, dua jenis bahan sayur (kalau bisa disebut sayur) terfavorit saya untuk diolah menjadi sayur lodeh. Sayangnya di Jakarta sangat sulit menemukan jantung pisang atau jika di Paron disebut untut ini.

Sayur kuning jantung pisang step by step

  1. Cuci bersih jantung pisang dan potong2 trs di rebus sampe matang.
  2. Iris bawang merah,cabe merah besar dan rawit merah. Uleg kemiri,bawang putih,kunyit.
  3. Panaskan minyak tumis bawang merah dan daun salam sampe harum masukan lengkuas,jahe,sereh yg sudah di geprek,masukan irisan cabe merah besar dan rawit..
  4. Masukan peresan santan/kara,garam,lada bubuk,penyedap rasa,kecap manis..
  5. Klo sudah mendidih santannya masukan jantung pisang yg sudah di rebus,diamkan beberpa menit agar bumbu meresap.

Namun weekend lalu ketika saya berkunjung ke pasar Blok A, saya. Nama sayur tersebut adalah jantung pisang. Dalam bahasa jawa lebih dikenal denga istilah onthong. Jantung pisang kerap kali dimanfaatkan ibu rumah tangga untuk dijadikan makanan sehat. Jantung pisang paling sering diolah menjadi gulai.

Comments